Laman Ane

Minggu, 16 September 2012

SEJARAH SEPUTAR INTRANET


SEJARAH SEPUTAR INTRANET

  1. Pengertian intranet
system intranet

 Ada beberapa jaringan diantaranya adalah internet dan intranet.
Intranet adalah sebuah jaringan privat(private network) dimana jaringan ini merupakan perkembangan dari LAN (Local Area Network) dengan mengadopsi teknologi yang tak jauh berbeda dengan internet,dan dengan konsep-konsep yang sama dengan internet.

   Intranet menggunakan sarana protokol-protokol internet (TCP/IP),yang digunakan untuk membagi informasi dalam perusahaan.Hal ini merujuk kepada situs web internal perusahaan.

   Intranet tak jauh berbeda dengan internet hanya saja yang berbeda hanyalah cangkupannya.Intranet merupakan internet yang dibuat dalam lingkup lokal.

   Syarat –syarat jaringan agar dapat menjadi ataupun membangun Intranet adalah : jaringan tersebut harus mempunyai komponen komponen yang membangun Internet yakni……

HTTP protokol
*      Ketersedianya protokol-protokol internet(TCP/IP,alamat IP.Protokol HTTP,FTP,POP3, dll)








*      Adanya klien dan server

clien



   Intranet terdiri dari beberapa komputer yang biasa dihubungkan dan dikembangkan dalam suatu organisasi,lembaga pendidikan,perusahaan.Masalah – masalah yang kerap timbul adalah masalah tentang keamanan.

B.Penggunaan ataupun prinsip kerjanya

   Intranet dapat digunakan untuk membantu aplikasi,sebagai budaya perusahaan platform.Pada dasar konsep intranet sama halnya dengan konsep Internet,dimana jaringan ini memerlukan protokol-protokol seperti HTTP,& FTP,dan juga file server dan clien yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.Hanya saja disini yang membedakan adalah prinsip cakupan jaringannya.

LAN
   Pada umumnya untuk dapat mengakses jaringan ini diperlukan identikasi pengguna dan juga password sebagai pengaman jaringan sehingga informasi-informasi penting perusahaan dapat di rahasiakan ataupun terhindar dari aktivitas pemalsuan,dan hal yang lain.Perlu diketahui bahwa Survei penguna juga dapat  meninkatkan efektivitas situs intranet ini.Bisnis yang lebih besar memungkinkan pengguna dalam intranet untuk mengakses internet public melalui server firewall yang dapat menangani pesan yang datang dan pergi dan menjaga keamanan.

   Pengguna jaringan intranet akan dapat mengakses internet pabila dihubungkan dengan jaringan internet.pengguna jaringan internet tidak akan bisa menggunakan jaringan intranet selama pengguna tersebut bukan anggota dari jaringan intranet.Hal inilah yang juga membedakan internet dengan intranet yaitu intranet dapat mengakses informasi di internet akan tetapi internet tidak dapat mengakses informasi dari intranet.

C.Dampak penggunaan intranet

Dampak positif penggunaan intranet adalah…:
salah satu pemanfaatan intranet dalam pendidikan
*      Intranet menjadi alat Bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri.
*      Melalui intranet dapat memudahkan komunikasi baik secara horizontal ataupun vertical dalam organisasi
*      Intranet dapat digunakan untuk meningkatkan operasi dan manajemen dalam dunia perbisnisan



*      Intranet dapat menjadi sumber informasi dalam dunia pendidikan
*      Membantu dalam membuat pengajaran,pembelajaran di sekolah agar lebih mudah.
pemanfaatan dalam dunia bisnis
*      Dapat membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek professional perpustakaan di Negara-negara maju di tingkat sekolah.





Dampak negative penggunaan intranet adalah……:
overload / data penuh
*      Dapat terjadinya “overload”(data penuh) akibat pengiriman antar pengguna yang tidak terkontrol dengan baik.
*      Informasi yang tidak benar dapat termuat dalam system intranet bila tidak dilakukannya mekanisme kontrol secara intensif.Akibatnya dapat mengurangi kredibilitas intranet yang dimiliki oleh organisasi.



*      Diperlukannya tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet
*      Diperlukan pelatihan khusus bagi karyawan/anggota organisasi untuk melatih cara menggunakan intranet

contoh materi ilegal
*      Selain informasi yang tidak benar,terdapat kemungkinan tersiarnya materi illegal melalui intranet.





D.Keistimewaan fasilitas intranet

*      Tampilan Web(grafis,multimedia)pada system operasi,navigasi,aplikasi maupun data basenya.
*      Fasilitas standart internet:surat elektronik (e-mail),transfer file(FTP),emulasi terminal jarak jauh(telnet,rlogin),pengendalian peralatan network jarak jauh (SMNP)
*      Aplikasi internet yang kaya seperti search engine,mailing list,newsgroup,archie,gopher,wais dll.
*      Script programming universal Common Gateway Interface(CGI),perl,visual basic,dan java yang mendukung operasi database
database
*      Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang telah ada seperti:Foxpro,SQL,maupun Oracle
*      Teknologi LAN seperti manajemen database,system terdistribusi,client server,sharing resources,dan peripheral tetap dipertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar